Site icon KaltengPos

HAB KE-76 KEMENAG, Indeks Kesalehan dan Kerukunan Naik

PALANGKA RAYA – Sejumlah indeks pembangunan di bidang keagamaan mengalami peningkatan. Mulai dari indeks kesalehan umat beragama, kerukunan umat beragama, sampai kepuasaan layanan Kantor Urusan Agama (KUA).
Indeks kesalehan umat beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 di tahun 2021. Indeks kerukunan umat beragama meningkat dari 67,46 menjadi 72,39. Indeks kepuasan layanan KUA meningkat pula dari 77,28 menjadi 78,90.

Demikian disampaikan oleh Menteri Agama dalam sambutan tertulis pada Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke­76 Kementerian Agama. Peringatan HAB di lingkungan Kanwil Kemenag Kalteng dilaksanakan dengan apel dan syukuran. Apel dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng Katma F Dirun sebagai inspektur. Saat apel ini diserahkan sejumlah penghargaan kepada madrasah berprestasi. Selesai apel dilaksanakan syukuran.

 Kegiatan HAB diikuti oleh ASN di lingkungan Kanwil Kementerian Agama, Kantor Kemenag Kota, IAIN Palangka Raya, IAHN Palangka Raya, IAKN Palangka Raya, para kepala madrasah dan perwakilan guru di Kota Palangka Raya

Selesai upacara, Katma menyampaikan bahwa kerjasama antara Kemenag Kalteng dengan Peprov Kalteng telah terjalin baik. Menurutnya, Pemprov Kalteng tidak bisa bekerja sendiri. Pihaknya sangat terbantu dengan adanya program­program kementerian agama di Kalteng.

“Sinergi antara Kemenag Kalteng dan Pemprov Kalteng telah berjalan baik. Kami bersyukur atas naiknya indeks kerukunan umat beragama,” ujar Katma terkait berbagai capaian tersebut.

Sementara Kakanwil Kementerian Agama Kalteng H Noor Fahmi menyampaikan tagline HAB ke­76 Kemenag adalah Transformasi Layanan Umat Tagline bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada umat beragama

“Kami dari Kementerian Agama berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua umat beragama. Kami akan mempercepat, mempermudah, memperbaiki semua aspek layanan,” ujar Noor Fahmi.

Sementara itu secara nasional, meningkatnya sejumlah indeks pembangunan di bidang keagamaan, Kementerian Agama juga berhasil mencapai penilaian laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima tahun berturut­turut sejak tahun 2016. Atas berbagai capaian ini , Menteri Agama telah menyampaikan usulan kepada presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Lencana Satya kepada 9.310 orang PNS Kemenag di seluruh Indonesia. Usulan ini pun setujui oleh Presiden. (sma/b5)

Exit mobile version