Site icon KaltengPos

Bupati Salurkan Bantuan Warga Terdampak Rob

Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah mendatangi warga korban banjir rob di wilayah Kumai, Rabu (8/12).

PANGKALAN BUN-Pasang besar atau yang biasa disebut rob akibat cuaca ekstrem yang menerpa lima desa di Kecamatan Kumai, membuat Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat langsung bergerak cepat. Bupati Kobat Hj Nurhidayah, langsung datang melihat kondisi warga dan menyalurkan bantuan bagi para korban yang terdampak rob tersebut, Rabu (8/12).

Menurut bupati, beberapa rumah terdampak rob dan tak bisa diselamatkan. Sementara warga direlokasi ke tempat yang aman yaitu di Desa Keraya. Sebanyak tujuh kepala keluarga diminta pindah ke tempat yang lebih aman. Pasalnya kondisi rumahnya sudah cukup rusak berat dan sangat membahayakan. Untuk itu pemkab langsung datang menyalurkan bantuan dan memantau kondisi warga.

“Alhamdulillah warga bisa dievakuasi dan diselamatkan dengan baik. Kondisi seperti ini akan terus dikaji agar di kemudian hari dapat diatasi. Tugas utama kita adalah menyelamatkan warga terlebih dahulu,” ujarnya.

Nurhidayah menambahkan,  pemerintah daerah juga telah memetakan daerah rawan dan aman di wilayahnya. Sehingga perlu dilakukan proggres untuk penanganan jangka pendek maupun jangka panjang. Mengingat bencana seperti ini bisa datang kapan saja di pesisir pantai. Upaya merelokasi warga yang tinggal di sepnajang bibir pantai Desa Keraya juga sudah dilakukan sejak tahun lalu.

“Wilayah di sini sudah terancam akibat abrasi yang semakin menguat. Kami sudah melakukan upaya dengan memasang pemecahan ombak dan merelokasi warga di tempat yang aman,” ungkapnya. (son/ens/ko)

Exit mobile version