Site icon KaltengPos

Sektor Peternakan dan Perikanan di Batara Perlu Lebih Dikembangkan Lagi

ILUSTRASI PETERNAKAN (JAWA POS)

MUARA TEWEH-Sejauh ini, sektor peternakan di daerah Kabupaten Barito Utara (Batara) masih belum dapat mencukupi kebutuhan konsumsi daging dan ikan yang diperlukan masyarakat setempat. Karena itu, dewan mendorong agar sektor ini dapat lebih dikembangkan lagi di wilayah Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Anggota DPRD Barito Utara, Edi Fran Aji mengatakan, sektor peternakan di wilayah ini masih perlu untuk lebih ditingkatkan lagi. Sebab kebutuhan masyarakat akan permintaan daging sapi dan ayam cukup tinggi di daerah ini.

Karena itu, menurut dia, usaha peternakan sangat berpeluang untuk dikembangkan oleh masyarakat di daerah ini. Sebab produksi daging ayam dan sapi di daerah ini masih belum dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Produksi daging sapi dan ayam di daerah ini masih belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga daerah ini sangat bergantung pada daerah tetangga untuk mencukupi kebutuhan pasokan daging,” kata Fran Aji, beberapa waktu lalu.

Edi Fran Aji juga menilai, sektor peternakan sangat memiliki peluang untuk lebih dikembangkan di Barito Utara. Karena masih banyak lahan di daerah ini yang belum terpakai dengan baik.

“Lahan-lahan yang masih belum digunakan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk dijadikan lokasi peternakan sapi, ayam dan lainnya,” ungkapnya.

Dia mengimbau, agar dinas atau instansi terkait dapat lebih mensosialisasikan lagi sektor peternakan di daerah ini, agar minat masyarakat untuk menjadikan sektor peternakan sebagai usaha bisa lebih meningkat lagi.

Selain sektor peternakan, dia menilai sektor perikanan juga perlu untuk ditingkatkan. Khususnya dalam bidang pembenihan ikan. Dimana penyediaan bibit-bibit ikan daerah ini, masih bergantung dari daerah lain, seperti dari provinsi tetangga, Kalimantan Selatan. Padahal pemerintah daerah juga memiliki tempat sendiri untuk membudidayakan ikan. Seperti yang ada di BBI Trinsing, Kantor Perikanan dan BBI Lahei. “Saya sangat berharap sektor peternakan dan perikanan di daerah ini dapat lebih meningkat lagi. Minimal hasil produksinya dapat mencukupi kebutuhan masyarakat kita di daerah ini,” harapnya. (adl/ens)

Exit mobile version