Site icon KaltengPos

Pintu Masuk Kalteng Lewat Bartim, Sepi

DIPERIKSA: Petugas memberhentikan kendaraan yang akan masuk wilayah Kabupaten Bartim Provinsi Kalteng diperbatasan Pos Penyekatan Pasar Panas Kecamatan Benua Lima, Kamis (6/5). LOGMAN KALTENG POS

TAMIANG LAYANG-Pemberlakukan peniadaan mudik di wilayah perbatasan Kalteng – Kalsel di Pasar Panas Kelurahan Taniran Kecamatan Benua Lima Kabupaten Bartim berdampak pada arus lalu lintas jalan lengang. Pasalnya sejak Pukul 00.00 WIB hanya sejumlah kendaraan yang diperbolehkan melintas dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan, Kamis (6/5).

Pantauan Kalteng Pos, pos dijaga ketat tim gabungan TNI – Polri, Kesehatan, Dishub, Satpol PP, dan Orari. Petugas terlihat aktif memberhentikan setiap kendaraan pribadi roda dua, empat, maupun angkutan umum. Mereka dicek identitas, penerapan protokol kesehatan menggunakan masker, suhu tubuh, dan tujuan perjalanan, begitu sebaliknya.

Sedikit yang diperintah langsung putar balik karena tidak bisa melengkapi dokumen administrasi seperti hasil rapid namun, ada yang bertahan dan memilih melakukan rapid di tempat.

“Dari Barabai Mas mau ke Buntok,” sebut pengemudi truk angkutan air kemasan yang menunggu antrean untuk menjalani rapid bersama rekannya ditenda pos penyekatan.

Pria berperawakan gempal itu mengaku dari Barabai Hulu Sungai Tengah (HST) Provinsi Kalsel dan beberapa kali diberhentikan dalam perjalanan namun tidak diminta dokumen seperti yang disyaratkan.

Sementara itu, Kapolres Bartim AKBP Afandi Eka Putra melalui Kapolsek Benua Lima Ipda Samudi mengungkapkan, sejak di berlakukan pengetatan hingga peniadaan mudik lebaran sejak Pukul 20.00 WIB – 08 – 00 WIB (6/5) lalu lintas mulai sepi.

“Semakin malam sepi dan kita sudah berganti shif untuk jaga diposko,” ucap kapolsek. Berdasarkan data kepolisian, jumlah kendaraan atau orang yang diperiksa untuk roda empat sebanyak 218 buah dan roda dua 73 unit. Jumlah kendaraan atau orang yang diputar balik arah sebanyak 7 unit. Dan jumlah orang yang dirapid test sembilan orang dengan hasil negatif. (log)

Exit mobile version