Produk SMK Negeri 1 Tanah Siang Diapresiasi Gubernur

132
APRESIASI GUBERNUR: Dherek Septiano Rajani (kanan) siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Tanah Siang tampil presentasi di hadapan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran (kiri) dan Kepala Disdik Kalteng A Syaifudi (tengah) saat melakukan tinjauan ke lokasi stand pameran SMKN 1 Tanah Siang, Selasa (15/11/2022). FOTO; SMKN 1 TANAH SIANG UNTUK KALTENG POS

PALANGKA RAYA-Dihargai karena prestasi menjadi sesuatu yang sangat membanggakan. Seperti itulah yang dirasakan oleh sekelompok pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanah Siang usai mendapatkan apresiasi dari Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran atas karya kreatif mereka pada Pameran Inovasi Pendidikan Kalteng Berkah yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Selasa (15/11/2022).

Dalam pameran itu mereka menampilkan dua produk unggulan berupa bioetanol dan robotika. Penampilan itu dibawakan oleh tujuh siswa dan dua guru pendamping. Dua guru pendamping itu adalah Ahmad Supranoto dan Abdul Muthalib. Keduanya merupakan guru produktif pada jurusan teknik komputer dan jaringan SMKN 1 Tanah Siang. Ahmad Supranoto salah satu guru pendamping menuturkan, produk bioetanol dan robotika yang dipresentasikan oleh muridnya kepada Gubernur Kalteng saat melakukan peninjauan kala itu mendapatkan apresiasi langsung berupa pemberian uang tunai dan janji oleh gubernur bahwa ketika ia bertandang ke Murung Raya akan mengunjungi sekolah tempat mereka menimba ilmu.

Baca Juga :  Jaga Anak dari Bahaya Narkoba

“Jadi tadi kami dapat kunjungan dari pak gubernur dan alhamdulillah kita dikasih hadiah lah, berupa uang tunai senilai Rp 5 juta dari presentasi hasil yang kami sampaikan tadi dari dua produk itu,” ucapnya.

Produk bioetanol yang mereka kembangkan itu bisa dapat apresiasi oleh orang nomor satu di bumi tambun bungai bukan tanpa alasan. Pasalnya, Ahmad Supranoto mengungkapkan produk tersebut apabila diteliti oleh para ahli bisa menjadi lebih berkembang lagi.

“Mungkin kalau dikaji lebih jauh lagi, bertemu para ahli dan pakar, mungkin bisa lebih berkembang lagi,” tuturnya.

Ahmad Supranoto lantas berharap apabila kunjungan gubernur ke sekolah mereka memang diagendakan pihaknya ingin menunjukkan bahwa mereka mampu untuk bersaing lebih hebat.

“Harapan saya mungkin setelah kunjungan dari Pak Gubernur, kami akan tunjukin bahwa sekolah ini mampu untuk bersaing lebih hebat. Cuman berkenaan dengan alat, sebenarnya kami itu bisa membuat lebih wah lagi kalau misalnya didukung dengan beberapa bantuan alat, untuk di bagian robotiknya terutama ya. Untuk bioetanol bisa diperiksa lagi oleh para ahli terkait tingkat kesehatan dan lain-lainnya, mungkin bisa kerja sama dengan kami,” harapnya.

Baca Juga :  Bentuk Profil Pelajar Pancasila

Di tempat yang sama, Dherek Septiano Rajani, siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Tanah Siang yang tampil presentasi di hadapan gubernur Kalteng saat melakukan tinjauan mengaku senang dan memiliki kebanggaan tersendiri bagi sekolahnya lantaran bisa mendapatkan apresiasi oleh orang nomor satu di Kalteng.

“Senang, menjadi kebanggaan tersendiri. Harapannya nanti setelah gubernur datang ke sekolah kami bisa dikembangkan lagi, lebih maju lagi untuk ke depannya, dan bisa dipakai untuk mengatasi krisis energi yang terjadi saat ini,” harapnya. (sos/dan/b5)