Site icon KaltengPos

Klub Tersukses Hanya Imbang dan Kalah

MARAH : Pelatih Liverpool Jurgen Klopp tampak marah karena kecewa dengan keputusan wasit pada laga melawan

LONDON – Dua matchweek awal Premier League 2022–2023 tidak bersahabat bagi dua klub tersukses di kompetisi kasta teratas Inggris. Kalau juara 20 kali Manchester United selalu keok dan terbenam di dasar klasemen, Liverpool FC yang mengoleksi 19 gelar selalu bermain seri sehingga terjerembap di peringkat ke-12.

Yang menarik, LFC dan United bakal bertemu dalam matchweek ketiga pada Selasa pekan depan (23/8). Derbi North West edisi ke-210 itu dimainkan di kandang United, Old Trafford.

Kalau hasil buruk United masih ada kaitannya dengan rentetan performa buruk sejak musim lalu ditambah adaptasi pelatih baru (Erik ten Hag), penyebab LFC gagal menang, setelah ditahan imban 1-1 oleh Crystal palace, Senin (16/8) dini hari WIB, masih samar-samar. Bahkan pada pekan perdana (6/8), Liverpool juga ditahan imbang 2-2 oleh Fulham.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengklaim banyaknya pemain cedera sebagai alasan. The Reds bermain dengan starting XI terbaik melawan Fulham.

Namun, saat menghadapi Palace, LFC minus bek tengah Joel Matip dan gelandang Thiago Alcantara. Kapten-gelandang Jordan Henderson juga tidak berada dalam kondisi fisik 100 persen.

Mereka menyusul nama-nama yang lebih dulu cedera seperti striker Roberto Firmino, gelandang serang Alex Oxlade-Chamberlain, striker Diogo Jota, bek tengah Ibrahima Konate, gelandang Curtis Jones, dan kiper cadangan Caoimhin Kelleher.

”Saya sudah mengalami banyak pekan (dengan banyak pemain cedera, Red), tapi yang ini seperti ada penyihir di dalam gedung (baca: diguna-guna, Red).”

”Setiap hari seperti ada seseorang yang menarik diri (dari latihan, Red) untuk alasan yang tidak kami duga,” beber Klopp di laman resmi klub.

Pelatih yang akrab disapa Kloppo itu juga mengakui mobilitas serangan timnya tidak normal. Bukan semata karena kehilangan Sadio Mane yang pindah ke Bayern Munchen.

”Saya ingin pemain bisa kembali ke cara kami mengawali permainan,” sebut Klopp merefleksikan timnya yang selalu kebobolan lebih dulu dalam dua matchweek awal.

Pandit Sky Sports yang mantan bek LFC Jamie Carragher sependapat. Menurut pria yang akrab disapa Carra tersebut, mobilitas serangan The Reds seperti kehilangan arah. ”Tim ini seperti membutuhkan arahan (dalam menyerang, Red),” ucapnya.

Handicap LFC bertambah karena kartu merah yang diterima bomber anyar Darwin Nunez. Striker berbanderol GBP 64 juta (Rp 1,14 triliun) itu menanduk bek tengah Palace Joachim Andersen setelah gagal mengontrol emosinya.

Kartu merah yang akan membuat Darwin absen dalam tiga laga. Darwin juga terancam sanksi larangan lebih lama lagi, sampai enam pekan, andaikan didakwa bersalah oleh komite disiplin dari Federasi Sepak Bola Inggris.

”Dia (Darwin) pasti kecewa dengan kartu merah itu. Dia akan belajar dari laga tersebut,” kata gelandang senior LFC James Milner kepada Liverpool Echo. (jpc/ko)

Exit mobile version