Kinerja Perangkat Daerah Harus Ditingkatkan

7

KUALA KAPUAS-Anggota DPRD Kapuas, H Darwandie, SH MH mendorong kinerja jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas khususnya perangkat daerah dalam tahun 2023 lebih ditingkatkan.

“Tentu itu penting untuk menjadi perhatian, dan utama perangkat daerah dalam melaksanakan tugasnya bisa meningkat tahun 2023 ini,” ucap Darwandie.

Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Kapuas ini menyebut, ke depan kinerja pemerintah daerah akan terus dimonitoring agar komunikasi dengan DPRD Kabupaten Kapuas lebih baik dan ditingkatkan.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kapuas ini mengakui terkait kinerja pemerintah daerah tentu dilihat di semua lini, baik itu di Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan dinas penghasil seperti BPPRD dan lainnya, agar lebih ditingkatkan lagi kinerja.

“Kami di lembaga dewan mendorong melalui dukungan politik DPRD, seperti pada posisi hak legislasi. Kami akan menciptakan beberapa regulasi yang berpihak kepada penyelenggara pemerintah daerah,” tegasnya.

Darwandie menambahkan, dari sisi anggaran sebagai fungsi budgeting, pihaknya juga harus menetapkan, dan menyiapkan anggaran yang cukup tidak sporadik, serta semena-mena. Sehingga jangan anggaran itu hanya ditetapkan pemerintah daerah, melalui rapat RKPD yang langsung dipatok pagunya.

“Tahun 2023 ini, saya berharap itu tidak ada lagi agar tidak diskriminatif dalam anggaran. Jadi semua perangkat kerja daerah harus bersinergi karena satu dengan yang lainnya itu tidak terpisahkan atau berkaitan,” pungkasnya.(alh/ram)