Komunikasi Kunci Percepatan dan Pemerataan Pembangunan

17
RESES: Anggota DPRD Kalteng Dapil IV, Sirajul Rahman foto bersama masyarakat saat reses perseorangan ke Desa Sungai Gula, Kecamatan Permata Intan, Kabupaten Murung Raya, beberapa waktu yang lalu.( FOTO : ISTIMEWA )

PALANGKA RAYA-Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Sirajul Rahman meminta kepada pemerintah daerah dan provinsi untuk dapat memperkuat komunikasi dalam pembangunan agar lebih cepat dan merata. Penguatan sinergi pembangunan melalui komunikasi sangat penting agar pemerintah daerah dan provinsi bisa saling memahami dan sinkron, sehingga memberikan hasil yang menguntungkan bagi masyarakat.

Menurutnya, para kepala daerah bisa saling menyampaikan aspirasi dan sejumlah permasalahan di daerahnya masing-masing agar segera dapat dicari solusinya. Contohnya seperti infrastruktur jalan dan jembatan yang mengalami rusak berat dan tidak dapat ditangani oleh pemda. Hal seperti itulah yang mengharuskan pemda pro aktif berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar dapat diberikan bantuan.

Baca Juga :  Pengelolaan Keuangan Desa Harus Sesuai Permendagri 20/2018

“Penguatan komunikasi dan koordinasi yang baik antar pemangku kepentingan menjadi salah satu kunci menjaga pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah. Komunikasi juga menjadi kunci mempercepat pembangunan, karena dari sana lah akan mendapatkan hal-hal yang positif. Setiap daerah tentunya memiliki anggaran yang terbatas, jadi pemerintah pusat dapat berperan bila ada komunikasi dari pemda,” jelasnya, Rabu (6/12/23).

Pemerintah pusat pastinya akan mendengar dan menerima segala persoalan, kendala dan keluhan yang dihadapi masing-masing daerah, khususnya dalam sektor pembangunan. Dengan adanya komunikasi yang kuat, diharapkan semua permasalahan akan mendapatkan solusi agar pembangunan di provinsi ini semakin cepat dan merata. Terlebih, Kalteng akan menjadi salah satu provinsi penyangga Ibu Kota Negara (IKN). Oleh sebab itu, pemerataan pembangunan perlu dilakukan hingga wilayah pedesaan.

Baca Juga :  Dukung Ikonik Ibu Kota

Dirinya berharap, dari wilayah perkotaan hingga pedesaan, pembangunan infrastruktur dan jaringan listrik dapat segera merata, mengingat bahwa itu semua adalah hak dasar masyarakat. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak wilayah pedesaan belum memiliki infrastruktur yang memadai. Ini patut menjadi perhatian. Dengan memperkuat komunikasi dalam upaya pembangunan, diharapkan Kalteng akan semakin maju kedepannya. (ovi/ans)