Pemkab Kapuas Terima Kunjungan Dirjen Otda

56
TAMU DARI PUSAT: Sekda Kapuas Septedy bersama Dirjen Otda Akmal Malik berfoto bersama seluruh kepala PD, camat, kepala desa dan para tokoh adat Kabupaten Kapuas, di GPU Manggatang Tarung Kuala Kapuas, Selasa (8/8).

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas menerima kunjungan dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Dr. Drs Akmal Malik, M.Si bersama jajarannya yang dipusatkan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Manggatang Tarung Kuala Kapuas, Selasa (8/8). Dalam kunjugan ini, kedatangan Dirjen Otda bersama rombongan disambut langsung Plt Bupati Kapuas yang diwakili Sekretaris Daerah Septedy didampingi seluruh kepala PD, camat, kepala desa dan para tokoh adat. Tampak hadir juga Ketua Lembaga Perempuan Dayak Nasional Ir Nyelong Inga Simon.

Dikatakan Dirjen Otda Akmal Malik, kedatangannya ke Kabupaten Kapuas kali ini selain untuk berbagi pengalaman terkait penanganan persoalan stunting, juga untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Kapuas. Akmal pun mengapresiasi Pemkab Kapuas karena indikator-indikator makronya telah menunjukan peningkatan yang signifikan baik pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sosial dan lingkungan hidup.

Baca Juga :  Raperda APBD 2023 Kabupaten Kapuas Disetujui Dewan

“Saya berharap, kinerja ke depan bisa ditingkatkan dengan berkolaborasi bersama seluruh elemen masyarakat, para damang, kepala desa. Hal ini tentu sebuah langkah yang bagus untuk memulai Kapuas yang semakin lebih baik lagi,” ucapnya.

Terkait upaya penurunan stunting, Akmal Malik menyebutkan dapat dilakukan melalui strategi mendata keberadaan ibu hamil dan anak yang berusia 0 sampai 2 tahun. “Pastikan mereka semua mendapatkan asupan gizi yang cukup, sehingga stunting ini dapat kita cegah seminimal mungkin,” bebernya.

Sementara itu dalam paparannya, Sekda Kapuas Septedy menyampaikan terkait profil maupun kondisi di Kabupaten Kapuas, salah satunya mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kapuas yang mengalami peningkatan 0.38 poin dari angka 69.63 pada tahun 2021 naik menjadi 70.01 pada tahun 2022.

Baca Juga :  Pemkab Kapuas Berkomitmen Ciptakan KLA

Dikatakan Septedy, evaluasi yang dilakukan kali ini oleh Dirjen Otda merupakan langkah penting dalam menilai sejauh mana pencapaian dan dampaik dari program-program pembangunan yang telah diimplementasikan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas.

“Untuk itu saya mengajak semua pihak untuk bersatu dalam memajukan Kabupaten Kapuas dengan terus meningkatkan kolaborasi antar pemerintah, swasta dan masyarakat,” pungkasnya.(hmskmf)