Pengembangan Sektor Pertanian Perlu Mendapat Perhatian Serius

10

PALANGKA RAYA-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng, Jainudin Karim menyebut pengembangan sektor pertanian di wilayah Bumi Tambun Bungai ini perlu mendapat perhatian serius pemda baik provinsi, kabupaten dan kota.

Dia mengatakan, pengembangan sektor pertanian di Kalteng sampai saat ini sudah cukup baik terlebih ada program nasional pemerintah pusat yakni food estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau. Namun, ia menilai itu juga masih belum cukup.

“Artinya jika hanya mengandalkan program itu saja masih belum maksimal, ada baiknya pemerintah juga mencanangkan program pertanian yang sama atau hampir sama di setiap daerah yang memiliki potensi di wilayah Kalteng ini,” ujarnya, Minggu (14/5).

Baca Juga :  Dandim 1015/Sampit Dampingi Wamen ART/BTN Panen Raya

Dikatakannya juga bahwa, apabila memang Kalteng ingin menjadi salah satu daerah lumbung pangan nasional yang mampu memperkuat kebutuhan pangan, maka perhatian terhadap sektor pertanian ini harus benar-benar dilakukan secara maksimal.

Selain mencangkan program, pemerintah juga perlu membantu pengembangan pertanian masyarakat. Sehingga, kedepan kebutuhan pangan bisa semakin kuat dan cita-cita Kalteng menjadi daerah penyangga atau lumbung pangan nasional bisa terwujud.

“Apalagi kita ini merupakan salah satu daerah penyangga IKN di Kaltim kedepan. Jadi, mulai sekarang program daerah atau dukungan terhadap pertanian masyarakat perlu dipikirkan secara matang dan dijalankan dengan optimal agar provinsi ini mampu menjadi penyangga atau lumbung pangan nasional,” tukasnya. (irj/uni)

Baca Juga :  Dewan Kalteng Soroti Kebun Singkong di Gumas