Pemko Diminta Gencar Kenalkan Budaya dan Adat Daerah

3

PALANGKA RAYA-Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto, meminta Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya agar lebih gencar lagi dalam memperkenalkan budaya dan adat di Kota Palangka Raya. Salah satunya yang jadi perhatian Sigit ialah ritual Mamapas Lewu, yang rutin digelar setiap tahun oleh pemko.

Menurut Sigit, ritual tersebut sebagai upaya membersihkan kota dari roh-roh jahat dalam rangka menyongsong tahun baru. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan bisa diperkenalkan lebih jauh bahwa inilah adat istiadat di Kalteng yang mempunyai daya tarik tersendiri.

“Untuk memperkenalkan adat istiadat itu memang perlu ada peran dari Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi teknisnya dalam menyosialisasikan dan mengenalkan budaya dan adat kepada masyarakat luas, seperti ritual tahunan mamapas lewu,” terang Sigit K Yunianto, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga :  46 Anggota FPRB Dikukuhkan

Menurut Sigit, budaya dan adat di Kalteng sangat unik serta bagus. Baik ritual adat seperti mamapas lewu maupun kesenian tarian-tarian adat lainnya. “Selain untuk diperkenalkan kebudayaan di sisi lain, kita berharap seluruh elemen masyarakat di Kota Palangka Raya bisa lebih melek lagi dalam hal budaya dan adat yang ada di kota ini,” tuturnya. (ena/uni)