Cuaca Malam Tahun Baru di Kalteng Diprakirakan Cerah

31

PALANGKA RAYA-Kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Kalteng pada tanggal 31 Desember 2022 atau pada malam tahun baru dalam kondisi cerah ataupun berawan. Hal tersebut disampaikan oleh Prakirawan Cuaca Candra dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya.

“Cuaca pada tanggal 31 Desember 2022 hampir di seluruh wilayah Kalteng diperkirakan cerah hingga berawan. Namun bagian selatan atau pesisir pantai Kalteng berpotensi terjadinya tiupan angina kencang, ujar Candra, Kamis (29/12/2022).

Candra menyampaikan, kondisi terjadi angin kencang ini dapat berpengaruh terhadap penambahan kenaikan tinggi gelombang air laut di wilayah pesisir Kalteng. “Kami memantau saat ini tinggi gelombang di pesisir selatan Kalteng berkisar antara 1,5 meter sampai 3,5 meter,” kata Candra yang juga menambahkan bahwa jelaskan bahwa terjadinya kenaikan tinggi gelombang air laut 1,5-35 meter ini berpengaruh langsung terhadap resiko keselamatan dan aktivitas masyarakat pesisir pantai terutama  kegiatan pelayaran.

Baca Juga :  Bonus Puluhan Juta Menanti Atlet Kotim yang Juara Porprov

“Ini sangat berisiko untuk kegiatan perahu pelayaran, kapal tongkang atau kapal kapal feri dan sebagainya. Ini sangat beresiko,” tegas Candra.

Dia menyarankan kepada seluruh masyarakat yang ingin melakukan kegiatan aktivitas di laut seperti para nelayan ataupun warga yang memiliki rencana melakukan perjalanan dengan armada transportasi laut untuk perlu mewaspadai hal tersebut.

Sedangkan ketika ditanyakan lebih lanjut terkait prakiraan kondisi cuaca di wilayah Kalteng pada minggu pertama tahun baru 2023 mendatang, Candra mengatakan, secara umum kondisi cuaca di wilayah Kalteng kemungkinan dalam kondisi berawan. Namun potensi terjadinya turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang tetap dapat terjadi di beberapa wilayah kabupaten seperti di Murung Raya, Kobar, Sukamara, Seruyan, Lamandau, Kotim, Barito Timur dan Barito Selatan.

Baca Juga :  Pos Pantau Perbatasan Kalteng-Kalbar Disiagakan

“Juga di bagian pesisir pulang pisau dan Kapuas dan juga di wilayah Katingan bagian selatan, seperti itu,” katanya. (sja/uni)