Musim Kemarau, Waspadai Karhutla

10

KUALA KAPUAS-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Ardiansah, S.Hut, MM, meminta kepada pemerintah daerah dan masyarakat mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) karena berdasarkan data dari badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) akan terjadi kemarau panjang.

“Kami meminta kepada pemerintah daerah dan masyarakat, agar benar-benar mewaspadai terjadinya karhutla, karena Kabupaten Kapuas termasuk yang rentan,” ucap Ardiansah.

Menurut Ardiansah memang diperlukan pemetaan lokasi rawan karhutla. Selain itu juga diperlukan keterlibatan semua pihak dalam mencegah karhutla, mulai dengan melibatkan masyarakat setempat menjaga lingkungannya untuk aman dari karhutla.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Kapuas ini, juga mengapresiasi langkah dari pemerintah daerah bersama stakeholder terkait, karena sudah mempersiapkan sarana prasarana untuk mencegah karhutla. Selain itu adanya sosialisasi masif kepada masyarakat, dan keterlibatan masyarakat untuk mengantisipasi.

Baca Juga :  Pesan Menohok Bupati kepada Pengurus DMI Katingan

“Langkah antisipasi lebih baik, sebab karhutla dampaknya luar biasa dari berbagai sisi,” jelasnya.

Politikus yang biasa disapa Awo ini menyampaikan dukungan kepada TNI, dan Polri yang ikut dalam membantu pencegahan karhutla. “Kita harus bersama-sama mencegah karhutla yang dapat membawa dampak buruk bagi daerah,” pungkasnya. (alh/uni)