Dewan Ajak Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

5
RESES : Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Achmad Rasyid foto bersama masyarakat saat reses perseorangan di wilayah Kabupaten Barito Selatan dalam rangka menyerap aspirasi di sejumlah desa, beberapa waktu lalu. ( FOTO , HUMAS DEWAN UNTUK KALTENG POS )

PALANGKA RAYA – Ketua Fraksi Gerindra di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah Achmad Rasyid, mengingatkan kepada semua pihak, termasuk masyarakat agar dapat menjaga kebersihan dan keberlangsungan lingkungan sekitarnya.

Menurut dia, menjaga kebersihan dan keberlangsungan lingkungan sekitar sangat penting untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya bencana, salah satunya yaitu banjir.

“Saat ini sudah memasuki musim penghujan, jadi menjaga kebersihan lingkungan itu penting. Karena ketidaktaatan menjaga keberlangsungan lingkungan akan dapat mengakibatkan bencana alam,” katanya, Rabu (29/11/23).

Anggota dewan itu mencontohkan, seperti hal kecil terkait sampah. Hendaknya sampah dikelola dengan baik dan jangan sampai dibuang sembarang tempat. Dia mengingatkan agar sampah-sampah tidak boleh dibuang ke jalan, parit, atau ke sungai.

Baca Juga :  Perlu Melakukan Evaluasi Pengamanan

“Perkara sampah ini jangan sampai dianggap sepele. Jika tidak dikelola dengan baik dan dibuang sembarangan akan dapat menimbulkan dampak negative, baik bagi kesehatan maupun bencana misalnya banjir,” ujarnya.

Selain itu, dia meminta kepada pemerintah daerah (pemda) supaya dapat menyediakan tempat pembuangan sampah di setiap kelurahan maupun RT/RW agar masyarakat dapat mengelola sampah dengan baik.

“Kebersihan lingkungan itu hal utama yang harus diperhatikan, agar keberlangsungan lingkungan bisa terus terjaga. Peran pemda juga sangat penting dalam menyediakan tempat pembuangan sampah agar itu bisa terkelola dengan baik,” tegasnya. (irj/ens)