Perlunya Pemerataan dan Pengembangan Sektor Pertanian

7

PALANGKA RAYA-Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, H Muhajirin meminta kepada Pemerintah Provinsi dan Daerah untuk melakukan pemerataan pengembangan sektor pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional. Terlebih, di Kalteng memiliki potensi besar pada sektor pertanian, sehingga perlu penguatan dan upaya pemerataan.

“Bagi potensi pertanian, kita tidak hanya mengandalkan beberapa daerah saja, maka untuk mensukseskan program ketahanan pangan nasional, harus dilakukan pemerataan,” kata Muhajirin.

Dirinya menuturkan, saat ini telah dilakukan program seperti food estate. Namun itu tetap perlu dukungan dari pemerintah daerah. Dengan begitu, diharapkan program ketahanan pangan nasional akan sukses dan membuat daerah menjadi mandiri.

Lebih lanjut, dikatakan Anggota DPRD Dapil V itu, upaya tersebut juga tidak lepas dari adanya sinergitas antar semua pihak terkait, terutama pemerintah provinsi dan daerah. Menurutnya, Kalteng memiliki potensi menjadi salah satu daerah lumbung pangan, hanya tinggal didukung dengan mencanangkan program besar pada sektor pertanian.

Baca Juga :  Tekan Laju Pesebaran Covid-19

“Saya berharap, kedepannya Kalteng menjadi salah satu daerah lumbung pangan nasional dapat terwujud asalkan ada upaya dari pemda untuk mewujudkan hal itu. Dewan akan selalu mendukung setiap langkah dan upaya pemerintah untuk mengembangkan pertanian di Provinsi ini. Apalagi Kalteng harus bisa menjadi penyangga, karena berada dekat dengan IKN di Kaltim,” tuturnya. (ovi/ans)