Memomentum HUT ke-78 RI, Pupuk Semangat Nasionalisme

2

”Apa yang sudah diraih ini bukanlah suatu tujuan akhir dari perjuangan, namun lebih jauh yaitu tercipta masyarakat yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila”.

KUALA KURUN – Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2023 di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) berlangsung khidmat. Peringatan HUT RI tahun ini mengambil tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

”Peringatan HUT ke-78 RI ini merupakan momentum untuk memupuk semangat nasionalisme dan persatuan, dalam menciptakan pembangunan yang mengarah kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas Akerman Sahidar, Kamis (17/8) lalu.

Menurut Akerman, proklamasi kemerdekaan bukan tujuan akhir perjuangan bangsa, melainkan menjadi alat untuk mencapai cita-cita, yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Di sini, dituntut peran generasi muda di daerah ini untuk terus menjalankan tugas dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Baca Juga :  Pemkab Gumas Perlu Menambah Tenaga Penyuluh

”Apa yang sudah diraih ini bukanlah suatu tujuan akhir dari perjuangan, namun lebih jauh yaitu tercipta masyarakat yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila,” tuturnya.

Dia mengakui, generasi muda harus senantiasa mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan hal-hal yang positif. Caranya dengan selalu turut serta memajukan kesejahteraan, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta menciptakan ketertiban umum.

”Saya meminta generasi muda selalu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif, yang dapat menumbuhkan semangat patriotisme,” ujar Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Dalam mengisi kemerdekaan, generasi muda bisa melakukan beberapa hal seperti berlaku jujur dalam setiap perbuatan, belajar dengan giat sehingga menjadi insan cerdas dan berkualitas, menunjukkan rasa kebersamaan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, serta bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang sejahtera.

Baca Juga :  Perangkat Desa Berharap Ada Kenaikan Gaji

”Generasi muda juga harus selalu junjung tinggi sikap toleransi dan tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari, rela berkorban demi daerah, bangsa dan negara,” terangnya.

Kedepan, lanjut dia, tugas generasi muda akan semakin berat. Untuk itu, mereka harus mengembannya dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran sebagai generasi penerus bangsa.

”Sebagai calon pemimpin khususnya di Kabupaten Gumas, para generasi muda harus terus menimba ilmu setinggi-tingginya, sehingga mampu menjadi generasi penerus di daerah ini,” tandasnya. (okt)