Bersihkan Saluran Air dan Tanam Pohon

Antisipasi Banjir dan Penyakit yang Dilakukan Kodim 1012/bTK dan Forkopimda

10
MEMBERSIHKAN : Kodim 1012 Buntok bersama forkopimda membersihkan saluran air dalam rangka mengantisipasi banjir dan wabah penyakit pada musim hujan, Kamis (7/12/23). ( FOTO : DENAR/KALTENG POS )

BUNTOK – Untuk mengantisipasi banjir dan wabah penyakit di musim hujan, Kodim 1012 Buntok bersama Forkopimda dan warga Kabupaten Barito Selatan melaksanakan karya bakti pembersihan saluran air dan penanaman pohon di Jalan Cut Nyak Dien, Buntok, Kamis (7/12).  Kegiatan itu juga diikuti Kapolres Barsel AKBP Yusfandie Usman, kepala Pengadilan Negeri Buntok, kepala BPKAD Barsel, dan lurah.

Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono mengatakan, aksi bersih sungai serta penanaman pohon dilaksanakan serentak di seluruh kodim di Indonesia. Sementara untuk wilayah Kodim 1012 Buntok dilaksanakan di 2 kabupaten yakni Barito Selatan dan Barito Timur.

“Karya bakti pembersihan saluran air ini merupakan salah satu upaya mengantisipasi banjir dan wabah penyakit pada musim hujan seperti sekarang. Buntok juga dilanda hujan dalam kurun waktu beberapa minggu terakhir, sehingga langkah yang kita lakukan ini bisa bermanfaat,” kata Letkol Inf Hendro Wicaksono, kemarin.

Baca Juga :  Beras untuk Korban Banjir

Menurut Letkol Inf Hendro Wicaksono, aksi bersih-bersih itu tidak berhenti sampai di sini saja, namun pihaknya bersama forkopimda dan Pemkab Barsel juga terus bersinergi membersihkan sungai. “Nanti lokasinya berpindah-pindah. Hari ini (kemarin) di Dusun Selatan, kemudian di kecamatan lainnya. Ini akan berlanjut terus menerus,” ungkap dandim.

Menurutnya, karya bakti ini merupakan bagian dari pembinaan lingkungan oleh satuan territorial. Dimana TNI beserta forkopimda berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan. Adanya kegiatan ini diharapkan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan. (ena/ens/a)